Cinta Dalam Gelas - Andrea Hirata

Download Disini Cinta Dalam Gelas - Andrea Hirata


Novel ini berkisah tentang seorang wanita tegar, yang sarat akan pahit-getir kehidupannya. Sejak umurnya 13 tahun, ia ditinggal mati oleh ayahnya, yang seorang penambang timah. Ayahnya mati terkubur galian timah. Akhirnya, Enong-panggilan perempuan kecil itu- memutuskan untuk berhenti sekolah, padahal tinggal 4 bulan lagi dia lulus sekolah dasar. Ia bercita-cita menjadi guru bahasa inggris. Ia ingat, dulu ayahnya rela kerja lembur selama berbulan-bulan, demi membelikan Enong kamus bahasa inggris satu milyar-yang ia lihat di Tanjong Pandan.
Enong pergi ke Jakarta mencari pekerjaan, namun siapa pula yang mau menerima anak sekecil itu. Ia ditolak mentah-mentah dimanapun. Akhirnya, ia kembali ke Belitong dengan uang pemberian kakek china di Jakarta.
Enong kecil mencoba untuk menjadi penambang Timah. Namun, ia ditertawakan para penambang laki-laki. Dengan segenap tenanga, selama berhari-hari akhirnya Enong menemukan sebuah hutan dan dia berhasil mendapatkan timah itu, walau hanya segenggam. Namun, kabar buruknya, Enong selalu ditipu oleh bandar timah, yang memberinya harga tak pantas untuk timah itu. Sungguh kasihan Enong kecil, ditinggal mati ayahnya, dan harus menanggung biaya keluarga dan ketiga adiknya yg masih kecil.
Ternyata, ada mata jahat yang selama ini melihat Enong. Hingga suatu hari, mata jahat itu membuntuti Enong ke dalam hutan, dan Enong kaget di belakangnya terdapat belasan ekor anjing dengan salakannya yang memekakkan telinga. Enong terbirit-birit lari, takut. Di depannya terdapat jurang, sedangkan di belakang salak anjing itu terus bersahutan, semakin dekat. Enong memutuskan untuk loncat ke jurang.
Untunglah Enong selamat, tersangkut di batu-batu Sungai Linggang. Dia trauma dengan kejadian itu.
Hingga bertahun-tahun Enong bekerja sebagai Penambang Timah. Suatu saat di warung kopi, ia melihat laki-laki yang dulu mengejar Enong dengan membawa anjing-anjingnya itu. Namun, Enong Bungkam. Menyimpan rasa sakit dan trauma itu.
Enong menikah dengan Matarom, master catur di kala itu. Namun pernikahannya tidak berlangsung lama, Matarom yang kasar bercerai dengan Enong.
Akhirnya, pada suatu saat di pertandingan catur, ia memberanikan diri untuk melawan mantan suaminya itu, tak terima dengan semua perlakuannya dulu. Dengan belajar dari Garnd Master Ninochka, seperti biasa lewat internet, melalui Ikal, Enong, atau Maryamah-nama aslinya, selama berbulan-bulan mempelajari catur, dan dengan caranya yang anggun berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dulu. Yaitu Matarom dan pemuda dengan salak-anjing di pinggirnya. Akhirnya, dendam itu terbalaskan sudah. Semua tidak menyangka bahwa Maryamah akan memenangkan pertandingan itu melawan semua laki-laki. Kejadian yang disaksikan langsung oleh Grand Master Ninochka itu (yang sengaja membuat kejutan, datang dari Eropa sana), mengakui kehebatan bertahan, dan menyerang dalam strategi catur Maryamah. Kata grand master, strategi Catur maryamah mirip Anatoly Karpov, Yang juga salah satu grand master catur wanita di dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cinta Dalam Gelas - Andrea Hirata"

Post a Comment