Negara dan Revolusi - Lenin

Download Ebook Negara dan Revolusi - Lenin


Buku ini dianggap sebagai salah satu karya Lenin yang paling penting. Ditulis menjelang revolusi oktober 1917, buku ini merupakan upaya Lenin untuk memulihkan teori Marx dan Engels mengenai negara dan revolusi proletar. Sejak kematian Marx, ajarannya telah didistorsi oleh kaum borjuis dan oportunis di kalangan gerakan buruh. Dengan menggali dan menggunakan tulisan-tulisan Marx dan Engels sendiri, Lenin mengurai selubung dan penyelewengan oleh banyak kalangan intelektual, bahkan yang mendaku sebagai pemikir Marxis seperti Karl Kautsky, Eduard Bernstein, G.V. Plekanov, dll
Analisa Lenin mengenai negara dalam buku ini dianggap mewakili perkembangan teori politik Marxisme yang paripurna saat itu, selain Reform or Revolution karya Luxemburg dan beberapa polemik oleh Anton Pannekoek melawan Kautsky dan Bernstein. Namun hanya karya ini yang merefleksikan masalah kediktatoran proletar, kritik program Gotha dan Paris Komune dengan terperinci. Disini seranganya tidak hanya ditujukan pada kaum borjuis dan oportunis, melainkan juga kaum anarkis yang dianggapnya gagal dalam memahami hakekat revolusi dan naif terhadap reaksi balik kaum borjuis.
Salah satu kesulitan memahami buku ini adalah lebarnya jurang yang memisahkan dunia politik dan intelektualnya dari dunia kita. Lenin kerap merujuk pada tokoh-tokoh, tanggal, dan peristiwa yang familiar bagi pembaca pada masanya, namun tidak pada masa sekarang. Buku ini jugamengamsusikan suatu tingkat pemahaman yang memadai atas tulisan-tulisan Marx dan Engels serta sejarah gerakan sosialis sebelum Perang Dunia I. Untuk itu, penerbitan kali ini menyertakan panduan membaca, tambahan catatan kaki, glosari dan kronologi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara dan Revolusi - Lenin"

Post a Comment