Semangat Muda ~ Tan Malaka

Download Ebook Semangat Muda ~ Tan Malaka




Sinopsis Buku Semangat Muda ~ Tan Malaka


Buku ini ditulis oleh Tan Malaka di Tokyo pada tahun 1926. Buku ini dibagi kedalam 5 Bab.
Bab pertama, Tan Malaka berbicara tentang kondisi masyarakat yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kaum bangsawang yang memiliki tanah dan harta lalu kaum proletar seperti buruh, tani dan pekerja. Tan Malaka menyatak setidaknya ada lima aspek dimana akan timbul pertentangan keras antara dua kelompok ini yaitu pada Hak Milik, Anarkisme, mesin, kasta dan imperialisme. Untuk menyelesaikan pertentangan itu, Tan Malaka menyebutkan bahwa Indonesia haruslah masuk ke ranah Diktator Proletar, kondisi dimana kaum proletarlah yang memiliki kekuasaan politik juga ekonomi. Tahapan ini adalah tahapan sosialisme hingga nantinya berujung pada zaman komunisme.
Pada Bab dua, Tan Malaka membahas kondisi Indonesia. Dari aspek ekonomi, kekayaan bangsa diambil oleh pekerja indonesia untuk nantinya dinikmati hasilnya oleh si pemalas belanda. Dari aspek sosial, kondisi buruh indonesia yang masih sedikit dibandingkan eropa. Juga Indonesia lebih banyak memiliki buruh tani daripada buruh industri. Selanjutnya Tan Malaka membahas krisis ekonomi dan krisis politik di Indonesia.
Pada Bab ketiga, Tan Malaka kembali membahas program yang perlu dilakukan oleh PKI di Indonesia. Program itu pada bidang ekonomi, politik, sosial, polisi, tentara, pendidikan, aksi program dan gaji minimum. Tan Malaka menyampaikan karakteristik dari programnya itu haruslah : cocok dengan kekuatan kita, bisa menaikkan derajat rakyat indonesia, bisa menarik indonesia ke zaman industrialisasi model baru, bisa mengadakan kerukunan seluruh rakyat melarat, dan bisa membangunkan semangat revolusioner seluruh rakyat indonesia.
Bab 4, Tan Malaka menyoroti kondisi organisasi yang ada di Indonesia waktu itu. Partai Komunis Indonesia, Indische Partij, Budi Utomo, Sarekat Islam. dan Sarekat Rakyat. Tan Malaka menjeskan bagaimana harusnya sebuah organisasi itu.
Pada Bab 5, terkait Revolusi. Tan Malaka menghimbau rakyat indonesia untuk membangun aksi massa, membangun revolusi. Tujuan besarnya menentang kau feodal dan kapitalis hingga bumi hangus dari tanah Indonesia hingga Kemerdekaan muncul untuk Indonesia.
Buku ini tak jauh berbeda dengan bahasan buku Tan Malaka yang lain seperti gerpolek dan naar de republik



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semangat Muda ~ Tan Malaka"

Post a Comment