Logika Marx ~ Jindrich Zeleny

Download Ebook Logika Marx ~ Jindrich Zeleny





Karl Marx, sekalipun bukan seorang profesional, juga bukan filsuf sembarangan. Dan meletakan pandangan-pandangannya ke dalam konteks filosofikal sungguh bukan suatu pekerjaan yang mudah atau sederhana. Masalah-masalahnya menggunung. Dibandingkan dengan filsafat para pendahulu dan sejamannya, pandangan-pandangan Marx adalah revolusioner dalam arti filosofial maupun dalam arti yang jelas-jelas politikal.
Tidaklah mengherankan bahwa kedalaman dan orijinalitas karya filosofikal Marx baru belakangan ini diakui, tetapi sedikit sekali yang telah dikatakan yang melampaui sekedar introduksi dan parafrase.
Karya Zelemy ini merupakan salah satu yang paling pertama dengan suatu perbedaan jelas antara parafrase tekstual dan anlisis kritikal. Dan yang patut dipastikan adalah bahwa yang tersebut terdahulu bukanlah pengganti bagi yang tersebut kemudian.
Kekuatan buku ini terletak pada perluasan analisis kritikal yang meliputi suatu karakterisasi menyeluruh atas pandangan-pandangan Marx tentang logika dan ilmu pengetahuan, tidak saja pada pandangan-pandangan itu sendiri, melainkan juga dengan mengacu pada aliran-aliran pikiran yang mendahuluinya, yang semasa dan yang mutakhir. Diperlukan definisi-definisi mengenai logika dan ilmu pengetahuan, dan emudian karakterisasi umum mengenai metode-metode dan pandangan-pandangan yang penad di dalam sejarah pemikiran filsafat mengenai hal-hal ikhwal ini dari Aristoteles hingga masa kini.
Diperlukan seorang sarjana yang berani untuk bekerja pada tingkat penjabaran ini dan pahalanya memang luar biasa. Tidak saja kita mendapatkan suatu pandangan mengenai karya filosofikal Marx sebagai suatu keutuhan, kita melihatnya dalam kontras dengan pandangan-pandangan lain.
LOGIKA MARX mewaili lebih daripada sekedar suatu pemaparan sistem klasifikasi dalam sejarah filsafat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Logika Marx ~ Jindrich Zeleny"

Post a Comment