Download Ebook Sirah Nabawiyah ~ Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury

Download Ebook Sirah Nabawiyah ~ Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury





Buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri ini secara keseluruhan memiliki 58 pokok bahasan yang dibeberkan tanpa menggunakan bab tertentu. Kepenulisan hanya berdasarkan kronologi peristiwa yang mengacu pada asbabunnuzul ayat dalam Al-Quran, atau tahun turunnya ayat Al-Quran yang bersangkutan, dan hadits berkenaan dengan peristiwa tersebut. Buku ini juga memasukkan beberapa pendapat atau ulasan dari penelitian penulis sebelumnya yang memaparkan apa yang ditulis di dalam buku. Hanya saja Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mengombinasikan dan menyimpulkan yang menjadi pendapat penulis-penulis maupun peneliti baik strategi maupun peperangan menjadi satu dan akhirnya dilihat ragam yang paling baik dan kuat pendapatnya untuk dijadikan pijakan selanjutnya. Jika terdapat perbedaan dan Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mendapat hasil yang lebih kuat unsur ketepatan peristiwa, maka beliau tak segan untuk mengungkapkannya dan menulis hal yang dianggap lebih tepat di dalam bukunya tersebut.
Dari awal penulisan buku, Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri memaparkan mengenai bagaimana kondisi masyarakat sebelum Rasulullah saw terlahir ke dunia. Siapa saja pihak keluarganya dan bagaimana kehidupan mereka ketika masih berada di masa yang disebut jahiliyah. Setelah dapat menarik kesimpulan mengenai garis keturunan Rasulullah saw yang memang berasal dari orang-orang terbaik dan pilihan, beliau beranjak ke tahap kelahiran Rasulullah saw, riuh alam semesta menyambut kelahiran Rasulullah, kondisi lingkungan Quraisy sebelum hadirnya nubuwah dan kejamnya permusuhan ketika turunnya nubuwah kepada Rasulullah saw.
Buku ini sudah berusaha merunutkan kronologi kejadian yang sebelumnya masih dianggap berserakan. Selain itu Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri juga membuat pembabakan waktu atau dengan tahapan-tahapan kejadian. Seperti peristiwa sebelum adanya kenabian, dakwah ketika di Makkah, dan menyebarkan dakwah lebih luas ke luar Makkah dan Madinah. Namun tidak sedikit mengacu pada tulisan sebelumnya yang sesuai, misalnya banyak merujuk pada buku Sirah An-Nabawiyah karya Ibnu Hisyam.
Kecenderungan di dalam buku ini adalah pada pembahasan peperangan yang terjadi. Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri mendeskripsikan setiap peperangan yang di dalamnya langsung diikuti oleh Rasulullah saw atau hanya dengan utusan detasemen tertentu. Dari banyaknya peristiwa tersebut pula, Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri menuliskan keunggulan-keunggulan sifat Rasulullah saw sebagai komandan perang dan ahli strategi. Kemuliaan dan akhlaq Rasulullah saw dituliskan dengan rinci dan sangat indah. Beliau juga menuliskan bahwa setiap pencapaian yang di dapat oleh pasukan muslimin ketika itu karena kemampuan pemimpinnya memberikan contoh di dalam lingkungan masyarakat dan bagaimana Rasulullah memiliki kesesuaian antara perkataan dengan perilaku.
Pada akhir-akhir pembahasan, Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri menuliskan secara singkat mengenai istri-istri Rasulullah saw, maupun beberapa wanita yang dijadikan hadiah oleh pemuka kaum di negara atau kerajaan lain. Selain itu beliau juga menuliskan secara singkat dan padat mengenai sifat dan akhlaq Rasulullah saw secara personal dan bagaimana perlakuan terhadap sahabat maupun orang-orang yang memusuhi Rasulullah saw.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Ebook Sirah Nabawiyah ~ Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury"

Post a Comment