Orang Maiyah oleh Emha Ainun Nadjib

Download Ebook Orang Maiyah oleh Emha Ainun Nadjib

Orang Maiyah oleh Emha Ainun Nadjib
INI adalah buku karya orang Maiyah. Orisinal. Saya hanya berposisi sebagai semacam polisi lalu lintas untuk menata laju kendaraan-kendaraan cinta dan ilmu orang-orang Maiyah.

Tidak satu huruf pun saya ubah, revisi, atau perbaiki. Saya tidak lebih baik dari siapa pun dalam hal apa pun.

Saya seorang penulis, dan saya kagum kepada orang Maiyah yang tulisannya berderet di buku ini.

Yang terutama saya kagumi adalah karena mereka menuliskan ini semua tanpa pretensi untuk menjadi penulis. Mereka menuliskan ini semua tidak dengan kesadaran atau kebanggaan sebagai penulis.

Orang Maiyah bukan pengarang, bukan penulis.

Orang Maiyah adalah orang hidup yang menghidupi kehidupan dengan tuntas menjalaninya, merenunginya, menghayatinya, menangisinya, dan menertawakannya. Tulisan hanya salah satu output tak sengaja dari laku perjalanan nilai mereka.

Dedengkot Kiai Kanjeng yang juga penasihat orang Maiyah, Toto Rahardjo, menyatakan dalam sebuah forum Maiyahan:

“Contoh salah satu kesalahan kurikulum pendidikan di negara kita adalah pelajaran mengarang. Anak-anak dididik untuk mengarang, menuliskan karangan, menuangkan sesuatu yang dikarang, dan itu bukan kenyataan. Karangan tidak dituntut untuk berkaitan dengan orisinalitas pengalaman hidup. Maka memang tepat kalau kebanyakan penulis Indonesia digelari pengarang karena pekerjaan mereka adalah ngarang-ngarang. Sementara begitu melimpah kekayaan hidup manusia, masyarakat, dan bangsa yang tidak ditoleh dan diperhatikan oleh mereka untuk menjadi bahan penulisan. Mereka bukan orang hidup. Mereka pengarang. Mereka bukan manusia kenyataan, mereka penulis karangan.”

Detail Buku:

Judul: Orang Maiyah
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Penerbit: Bentang Pustaka - 2015
ISBN: 978-602-291-126-5
Jumlah Halaman: 109

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orang Maiyah oleh Emha Ainun Nadjib"

Post a Comment